mesin perontok padi, dan jenis-jenisnya
Home » » mesin perontok padi, dan jenis-jenisnya

mesin perontok padi, dan jenis-jenisnya


mesin perontok padi 
mesin perontok padi merupakan sesuatu mesin sederhana yang memiliki fungsi untuk merontokkan atau memisahkan bulir-bulir padi dari batangnya. mesin perontok padi amat dibutuhkan oleh beberapa petani kala musim panen tiba. 

perontok padi


sehabis padi mulai menguning tandanya padi udah tua serta siap dipanen. batang batang padi di sabit serta disatukan jadi satu. untuk membantu dalam penggilingan, bulir bulir padi yang tetap melekat dibatang ini wajib dirontokan terlebih dulu hingga jadi gabah. 

mesin perontok padi papan kayu 

dahulu untuk merontokan padi beberapa petani memukul-mukulkan batang padi pada balok kayu ( serupa kayu untuk mencuci pakaian ). cara ini dikerjakan kala teknologi belum menyentuh ke bidang pertanian, khususnya di desa-desa serta tempat terpencil. 

mesin perontok padi


cara ini perlu tenaga yang ekstra dikarenakan murni menggunakan tenaga manusia serta sistem nya mengonsumsi waktu yang relatif lama. lebih-lebih apabila jumlah padi yang ingin dirontokkan cukup banyak. sejalan berjalanya waktu, cara ini mulai di kira kurang efektif maka diciptkanlah alat perontok padi dengan cara manual. 

mesin perontok padi manual ( kayuh ) 

alat perontok padi manual ini dibikin dari kayu yang berupa silinder serta diberi paku paku. silinder paku paku ini diberi as serta di kaitkan dengan kayuh melewati rantai. 

mesin perontok padi manual


cara kerja alat perontok padi manual ini adalah saat batang dikayuh, maka silinder yang berpaku tersebut dapat berputar ( serupa sepeda ) sesudah itu batang batang padi didekatkan ke silinder. maka silinder berpaku dapat bekerja layaknya menyisir bulir bulir padi hingga terpisah dengan batangnya. di jawa alat perontok padi manual ini dimaksud dengan dos. 

mesin perontok padi diesel 

sejalan dengan perubahan teknologi, tenaga menusia untuk mengayuh mesin perontok padi manual mulai ditinggalkan serta digantikan dengan mesin diesel. hingga sistem perontokan padi jadi lebih gampang, cepat, serta efisien 

mesin perontok padi diesel

mesin perontok diesel ini sesuai untuk petani yang miliki sawah yang luas serta hasil panen yang banyak hingga sistem perontokan padi dapat dikerjakan dengan cepat serta gabah siap dijemur untuk digiling jadi beras.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © juragan mesin - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger